.quickedit { display:none; }

Rabu, 13 Agustus 2014

BOJONEGORO MATOH

Bojonegoro matoh, itulah slogan yang menjadi ciri khas kabupaten Bojonegoro. slogan Bojonegoro matoh pertama kali diperkenalkan oleh bapak bupati kabupaten Bojonegoro periode 2008-2013 dan untuk periode 2013-2018 beliau terpilih kembali untuk mengemban amanah sebagai pemimpin kabupaten Bojonegoro. Bojonegoro yang terkenal dengan keberadaan sumber minyaknya yang menurut kabar terbesar se-Asia Tenggara(bok cepu)yang diolah oleh exxon mobile(salah satu perusahaan milik pertamina). dan sekarang Bojonegoro terkenal juga dengan progam pavingisasi yang dinilai lebih murah dalam biaya perawatannya jika di bandingkan dengan pengaspalan. Bahkan progam pavingisasi dan perubahan Bojonegoro sudah dipresentasikan di Amerika oleh Kang Yoto(bupati) pada tanggal 11-12 Februari di kampus MIT Cambridge Boston USA.

 Budaya

Di Bojonegoro terdapat masyarakat samin yang umumnya menganut gerakan saminisme yang di pimpin oleh Ki Samin Surosentiko. Ajaran Saminisme artinya sami-sami amin (bersama-sama) yang dicerminkan dan dilandasi oleh kekuatan, kejujuran, kebersamaan dan kesederhanaan. Sikap perjuangann mereka dapat dilihat dari profil orang samin yakni gaya hidup yang tidak bergelimpangan harta, tidak menjadi antek belanda, bekerja keras, berdoa, berpuasa dan berderma kepada sesama. Ungkapan-ungkapan yang sering diajarkan, antara lain: sikap lahir yang berjalan bersama batin diungkapkan yang berbunyi sabar, nrimo, rilo dan trokal (kerja keras), tidak mau merugikan orang lain diungkapkan dalam sikap sepi ing pamrih rame ing gawe dan selalu hati-hati dalam berbicara diungkapkan ojo waton ngomong, ning ngomong kang maton.mereka tinggal di dusun Japang dan bisa juga di temui di desa Klopoduwur. Masyarakat samin juga pernah di filmkan dalam film yang berjudul LARI DARI BLORA.

Ki Samin Surosentiko
Masyarakat Samin


Makanan

  • Ledre
Ledre adalah makanan khas Bojonegoro. Berbentuk gapit (seperti emping gulung) dengan aroma khas pisang raja yang manis. Sangat tepat untuk teman minum teh atau dan sajian tamu atau untuk oleh-oleh. Perbedaan ledre dengan gapit yaitu ledre lebih halus, lembut dan aroma pisangnya menyengat, sementara gapit agak kasar. selain dari pisang raja ledre juga bisa terbuat dari berbagai pisang misalnya pisang saba, pisang hijau, pisang susu,dll. tetapi yang khas di daerah bojonegoro atau lebih optimalnya dalam membuat ledre yaitu menggunakan pisang raja.

Ledre

Ciri Khas

  • Tari tayub
Tayub merupakan tari pergaulan yang populer bagi masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya. Tarian ini biasanya dilakukan oleh pria dengan diiringi gamelan dan tembang Jawa yang dilantunkan oleh waranggono yang syairnya sarat dengan petuah dan ajaran.Biasanya kelompok-kelompok tari tayub ini banyak terdapat di Kecamatan Temayang dan Bubulan yang terletak sekitar 30 km dari Kecamatan Kota Bojonegoro.
Tari Tayub
  • Wayang thengul
Wayang Thengul adalah kesenian wayang khas ponorogo yang populer juga di Bojonegoro. dalam bentuk 3 dimensi dengan diiringi gamelan pelog/slendro seperti halnya reog ponorogo.
Walaupun wayang thengul ini jarang dipertunjukkan lagi, tetapi keberadaannya tetap dilestarikan di Kabupaten Bojonegoro, khususnya di Kecamatan Kanor yang berasalkan dari kata KANORAGAN karena pada ssat itu warok ponorogo menunjukan kekuatan kanoragaanya di sela- sela pentas reog ponorogo dan wayang thengul, daerah ini yang berjarak ± 40 Km dari Kota Bojonegoro. Sedangkan jalan cerita dari wayang thengul ini lebih banyak mengambil warok suromenggolo dan sekitarnya.
Wayang Tengul
 Video Klip Bojonegoro Matoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar